luis enrique, barcelona
Luis Enrique, Barcelona

Saat ini terdengar kabar yang beredar bahwa Luis Enrique tak akan meneruskan kontraknya di Barcelona. Pelatih yang sudah mengasuh Blaugrana ini memang sudah bekerja sejak 2014 dengan masa baktinya selama tiga tahun, berarti musim ini adalah musim terakhirnya Ia memandu Barca.

Ia telah memutuskan beberapa waktu yang lalu untuk tidak melakukan negosiasi apapun tentang penawaran kontrak hingga kompetisi La Liga musim ini selesai.

Seperti yang dilansir dari Calciomercato, Enrique saat ini sedang dalam keadaan tertekan di markasnya terutama setelah permainan anak asuhnya berhasil diimbangi oleh Real Sociedad yang berada diperingkat kelima klasemen sementara. Putaran sebelumnya mereka juga sempat diimbangi oleh peringkat ke 11, Malaga, dan tak berhasil menyarangkan sebuah gol kekandang lawannya.

Dengan dua kali bermain imbang , membuat tim asuhannya memiliki selisih jarak enam poin dari peringkat pertama yang diduduki oleh rivalnya, Real Madrid.

Apalagi pada putaran ke 14 minggu ini, Barcelona akan bertemu dengan Real Madrid secara langsung . Jika mereka kalah, tentu akan membuat timnya semakin kesulitan untuk dapat mengejar poin dan meraih gelar juara La Liga musim ini.

Jika Enrique tak memperpanjang kontrak di Camp Nou dan tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak  dalam negosiasi kontrak baru maka manajemen Barcelona harus mencari calon penggantinya dengan segera.

Namun sepertinya manajemen sudah menyiapkan beberapa nama pelatih yang akan siap menggantikan Luis Enrique. Antara lain adalah Jorge Sampaoli dan Ernesto Valverde.

Jorge Sampaoli merupakan pelatih yang memeiliki pengalaman di bidang kepelatihan sejak 2002 dan saat ini sedang melatih Sevilla  dari awal musim. Sebelumnya Ia penah juga menjadi pelatih timnas Chile dari tahun 2012 sampai 2016.

Selain Jorge, Barca membidik Ernesto Valverde yang saat ini menjadi pelatih mengasuh Atletic Bilbao sejak tahun 2013 dan sebelumnya selama semusim ia pernah memimpin Valncia. Saat muda ia pernah menjadi pemain Barcelona dari tahun tahun 1988 sampai 1990.

Ada juga kemungkinan posisi kepelatihan yang akan diturunkan kepada Juan Carlos Unzue, yang merupakan asisten pelatih di Barcelona di klub saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *